Sinergi Media Group Network dalam Melakukan Konvergensi

Dengan perkembangan media yang sangat pesat, terutama pengguna internet atau media online yang tumbuh dengan cepat sekitar tahun 1990-an akhirnya memunculkan produk berupa jaringan. Program inilah yang biasa disebut WWW atau World Wide Web. Media online adalah sebuah organisasi yang menyebarkan informasi berupa produk atau berupa pesan yang bisa mempengaruhi dalam bentuk virtual. Media dimanfaatkan sebagai sarana penyampaian informasi kepada khalayak sebagai alat menyebarkan sebuah pesan. Yang termasuk kategori media online adalah portal, website, radio online, tv online, dan email. Media online pertama di Indonesia yang hadir yaitu Republika Online (www.replubika.co.id) pada tanggal 17 Agustus 1994. Kemudian barulah muncul beberapa situs berita online lainnya seperti www.tempo.co, www.waspada.co.id, sampai www.kompas.com. Kontennya hanya memindahkan dari media cetak ke media online.

Terdapat salah satu media yang yang biasa disebut Legacy media (media warisan) atau Old Media (media lama) merupakan sebuah institusi media massa yang didominasi sebelum era informasi, seperti media cetak, studio film, studio musik, iklan, penyiaran radio, dan televisi. Berdasarkan penjelasan diatas, salah satu contoh Legacy Media adalah Medcom.id dan MediaIndonesia.com yang berkesinabung dalam satu perusahaan, yakni Media Group. Kenapa media tersebut adalah salah satu contohnya, karena Medcom.id dan MediaIndonesia tidak hanya memiliki media online, namun juga memiliki media cetak, serta channel pada televisi. Salah satu media cetaknya ialah koran Media Indonesia, dan pada channel televisi adalah Metro TV.

Hadir pula Native media sendiri yang merupakan media yang diketahui tidak memiliki bentuk media lain seperti Legacy Media. Native media hanya berfokus pada media online atau media siber yang bisa diakses secara daring saja. Salah satu contoh dari Native Media sendiri ialah, Tempo.co karena media tersebut diketahui berdiri sendiri dengan bentuk media online. Tempo.co sendiri juga tidak bergantung dengan perusahaan lain.

Membahas mengenai perkembangan media di Indonesia, konvergensi media menjadi salah satu yang dilakukan oleh banyak media di Indonesia, bahkan dunia. Mengutip dari buku Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi (2020) karya Catur Nugroho, konvergensi media merupakan integrasi media melalui digitalisasi dengan menghasilkan serta menerbitkan berbagai konten media melalui alat dan infrastruktur teknologi untuk dinikmati audiens yang heterogen.

Menurut Masriadi Sambo dan Jafaruddin Yusuf dalam Pengantar Jurnalisme Multiplatform (2017), munculnya konvergensi media ini menyebabkan berbagai perusahaan media di Indonesia menggabungkan seluruh anak perusahaan yang sebelumnya terpisah menjadi satu media. Telah banyak di Indonesia suatu perusahaan media mengalami konvergensi seiring perkembangan zaman. Contohnya adalah Media Group Network dengan brand media yang dikenal oleh masyarakat adalah Metro TV.

Media Group bermula ketika Surya Paloh merintis perusahaan katering dengan nama PT Indocater, lalu berkembang dengan menerbitkan surat kabar Prioritas pada 2 Mei 1986 dan ditutup oleh pemerintah pada 29 Juni 1987 karena dianggap terlalu kritis. Melakukan akuisisi Media Indonesia pada tahun 1987 sejak jatuhnya beliau, kemudian mulai berkembang hingga adanya Metro TV pada tahun 1999. Sampai Oktober 2022, Media Group telah berkembang karena adanya kehadiran konvergensi media digital. Tim Media Group dalam acara Journalist Day yang dilaksanakan 17 Maret 2022 mengatakan bahwa Media Group Network pula beradaptasi melalui konvergensi yang menuntut seorang jurnalis multitalenta dalam melakukan produksi karya jurnalistik. Hingga 2022, Media Group Network telah melakukan konvergensi media dengan adanya berbagai media yang disajikan dalam bagan di bawah ini.


Bagan Perusahaan dalam Naungan Media Group Network


━━━━━━━━━━━━━━━━


Nama Kelompok :

1. Anisa Nabila 193516516030

2. Aulia Putriningtyas 193516516402

3. Sri Dewi Larasati 193516516055

4. Nikita Choirunisa. W 193516516049

5. Maulana Ibrahim 193516516085

Mata Kuliah : Cyber Journalism (R.01)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konvergensi Media Pada Kompas Gramedia

Banyaknya Sampah Plastik di TPA Cipayung Yang Dijual Sampai Keluar JABODETABEK

Konvergensi Media Pada Mahaka Media Group - Tugas Kelompok Cyber Journalism (R.01)