TPS Rawajati Hasilkan Berton-ton Sampah Perhari

 

Tumpukan sampah di TPS Rawajati (Sumber: Mahasiswa UNAS)

Jakarta Selatan (21/01/2023) – Petugas TPS Rawajati Gozali menyebut TPS Rawajati perharinya menghasilkan sampah sebanyak 8 sampai 9 ton. Bahkan, volume sampah ini bisa memuncak jika sedang turun hujan.

Berkaitan dengan masalah sampah ini, Gozali mengatakan bahwa tidak terjadi penumpukan sampah di TPS Rawajati. Hal ini dikarenakan setiap harinya petugas TPS secara teratur mengelola sampah yang ada di TPS Rawajati ke tempat pembuangan akhir di Bantar Gebang.

“Kalau disini kan sampah banyak nih, kalau ada mobil yang kosong dimuat terus sampai malam, sampai habis pokoknya. Enggak ditunggu numpuk sambil berjalan, seperti tadi ada gerobak turun langsung dimasukin kedalam truk buat ke Bantar Gebang,” ujar Gozali, salah satu petugas TPS Rawajati saat diwawancarai.

Gozali mengatakan, produksi sampah di TPS Rawajati perharinya bisa mengirimkan sampah hingga 5 truk dalam 1 sampai 2 kali buang. Namun, volume sampah dapat dipengaruhi oleh cuaca sehingga pengiriman sampah dapat melebihi dari biasanya.

“Kalau volume sampah lagi banyak mobil 2 rit (2 kali angkut), kalau hari-hari biasanya 1 rit. Kadang-kadang ada 5 truk yang 2 kali buang, untuk perkiraan beratnya bisa mencapai 8 sampai 9 ton apalagi kalau musim hujan,” tambahnya.

Sampah-sampah yang ada di TPS Rawajati ini bersumber hanya dari Kecamatan Pancoran, yang dikumpulkan oleh swadaya atau tukang gerobak di wiliyah sekitar. “Disini mah kalau tempatnya cuma sekecamatan Pancoran, yang ngelola sampah-sampah perumahan swadaya dan tukang gerobak,” ucap Gozali.

Untuk menghindari penumpukan sampah di TPS Rawajati, selain dilakukan pembuang secara teratur juga adanya kerja sama dengan pengepul sampah yang berada disekitar TPS Rawajati sehingga dapat mengurangi volume sampah yang ada. “Nah ini ada pemulung yang khusus ada disini, kalau enggak ada mereka sampah lebih banyak, yang ada disini ada kerja sama,” kata Gozali.

Para pengangkut sampah setiap harinya akan mengambil sampah dari rumah warga 1 sampai 3 kali dalam sehari sebelum dibuang ke TPS Rawajati menggunakan gerobak motor. "Kalau banyak 3 kali, kalau sedikit cuma 1 atau 2 kali, enggak ditargetin kalau udah numpuk baru diangkut terus dibuang kesini," ujar Toyib salah satu petugas pengakut sampah di wilayah Pengadegan Utara IV.

TPS Rawajati juga membebaskan setiap petugas kebersihan dari setiap wilayah yang ada di Kecamatan Pancaroan untuk membuang sampah dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 15.00 sore WIB. “TPS nya nyaman karena bebas ngebuang kalau ditempat lain kan jam 2 udah tutup, disini sampe jam 3 dari pagi jam 6.” Tutup Toyib.

 

 


Anggota Kelompok :

1. Popi Rahmaruyesa                  (193516516598)

2. Zahara Mega Zahwa               (193516516551)

3. Lulu Restu Mustikasari             (193516516566)

4. Anisa Rizqy A.S                     (193516516167)

5. Faiz Aradea                              (193516516578)


Mata Kuliah : Cyber Journalism (R.01)

Dosen Pengampu : Ayu Lestari, S.Hum., M.Si.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konvergensi Media Pada Kompas Gramedia

Banyaknya Sampah Plastik di TPA Cipayung Yang Dijual Sampai Keluar JABODETABEK

Konvergensi Media Pada Mahaka Media Group - Tugas Kelompok Cyber Journalism (R.01)