Jelang Nataru, Harga Beras di Pasar Minggu Melonjak

Pedagang Beras di Pasar Minggu (Sumber : Mahasiswa UNAS) 


Pasar Minggu, Jakarta Selatan (20/12/22) – Harga bahan pokok mengalami kenaikan menjelang libur natal dan tahun baru (Nataru), kenaikan ini terjadi pada sejumlah bahan pokok seperti, beras, telur, dan lainnya. Namun, walaupun harga beberapa bahan pokok mengalami kenaikan Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan memastikan ketersediaan bahan pokok jelang Nataru cukup. 

Kenaikan bahan pokok menjelang Nataru ini merupakan hal yang biasa terjadi setiap tahunnya saat menjelang libur natal dan akhir tahun. Tahun ini kenaikan cukup drastis terjadi pada bahan pokok seperti beras dan telur. 

“Untuk telur mengalami kenaikan harga dari yang sebelum nya di kisaran harga Rp 24 ribu perkilogram sekarang menjadi Rp 30 ribu perkilogram. Harga beras saat ini dari harga Rp520 ribu menjadi Rp 540 rib per karung,” ujar Aldi, salah satu pedagang sembako di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

Para pedagang memastikan hal ini tidak mengurangi ketersedian stok barang dan pengurangan daya beli. “Aman kalo stok kita ada banyak, dan pembeli juga masih rame-rame aja,” tambahnya. 

Iwan, salah satu pedagang beras di Pasar Minggu juga mengutarakan harga pada bahan pokok tersebut sudah mengalami kenaikan sejak awal bulan Desember ini. Selain karena Nataru, penyebab lainnya yaitu karena kenaikan harga dari distributor sehingga para pedagang harus menaikkan harga jual kepada pembeli. "Untuk harga dari distributornya yang naikin, selain karena momennya juga karena lagi paceklik, jadinya kita para penjual juga ikut menaikkan harga, kalau enggak kita gak dapet untung,” ujar Iwan. 

Rani salah seorang pembeli mengaku, kenaikan sejumlah harga bahan pokok seperti beras dan telur sangat berdampak bagi dirinya sebagai masyarakat menengah ke bawah.“Dampaknya sekarang sih berasa banget, kayak semua barang naik, kenaikannya drastis jadinya berasa banget,” ujar Rani. 

Untuk menyikapi hal tersebut, Rani mengurangi jumlah pembelian barang dari biasanya dan mengganti sejumlah bahan pokok. “Ya pokoknya, dijalanin aja seadanya kayak biasanya beli 1kg sekarang beli 1/2 kg doang, daging diganti yang lain bisa-bisanya kita aja yang murah meriah, yang penting bisa makan,” tutupnya.


Anggota Kelompok :

1. Popi Rahmaruyesa                  (193516516598)

2. Zahara Mega Zahwa               (193516516551)

3. Lulu Restu Mustikasari              (193516516566)

4. Anisa Rizqy A.S                     (193516516167)

5. Faiz Aradea                             (193516516578)

 

Mata Kuliah : Cyber Journalism (R.01)

Dosen Pengampu : Ayu Lestari, S.Hum., M.Si.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konvergensi Media Pada Kompas Gramedia

Banyaknya Sampah Plastik di TPA Cipayung Yang Dijual Sampai Keluar JABODETABEK

Konvergensi Media Pada Mahaka Media Group - Tugas Kelompok Cyber Journalism (R.01)