KONVERGENSI PT VISI MEDIA ASIA


PT Visi Media Asia Tbk


Didirikan pada tahun 2004, PT Visi Media Asia Tbk. (“VIVA“ atau “Perseroan“) adalah perusahaan media konvergensi yang terintegrasi terdepan di indonesia, yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak November 2011. Sejak itu, VIVA telah menempatkan dirinya sebagai inovator di sektor ini melalui strategi yang berfokus kepada micro-targeting, sinergi, serta konvergensi 360°.

Kegiatan usaha Perseroan meliputi stasiun televisi Free- to-Air (FTA) dan portal digital yang berkembang pesat yang seluruhnya didukung oleh media sosial dan kegiatan off- air sehingga mencakup semua platform media. Didorong oleh inovasi konten yang berkelanjutan untuk meningkatkan engagement, dimana pemirsa dapat mengakses konten yang inovatif dan menarik melalui televisi FTA, aplikasi mobile serta online streaming. Terlebih lagi, VIVA juga memanfaatkan platform media sosial termasuk Twitter, Facebook Instagram, dan Youtube untuk mendapatkan interaksi dari pemirsa setianya.

VIVA telah berhasil mempertahankan status ANTV sebagai stasiun televisi hiburan Tier- 1 dan tvOne sebagai stasiun televisi berita dan olahraga #1 seraya mengembangkan sejumlah aset digital antara lain melalui VDVC sejalan dengan strategi VIVA untuk senantiasa meningkatkan engagement dengan pemirsa

Tv Channels

PT Visi Media Asia ini mulai aktif pada tahun 2007 ketika mulai melakukan akusisi terhadap Lativi. Kemudian dalam akusisi tersebut stasiun televisi berganti nama menjadi tvOne. Target pasar dari tvOne adalah usia 15 tahun keatas atau lebih dengan status sosial ekonomi menengah. Sejak didirikan sebagai stasiun berita dan olahraga, tvOne berhasil mempertahankan posisinya sebagai stasiun televisi berita dan olahraga #1 di Indonesia selama dua belas tahun berturut-turut. Sebagian besar program tvOne terdiri dari berita mendalam, berita terkini, talkshow, dokumenter, dan olahraga. tvOne mengudara 24 jam sehari dan secara konsisten memberikan informasi yang cepat dan akurat dalam program-programnya. Selain itu, tvOne memiliki hak siar eksklusif untuk kejuaraan One Pride dan One Prix yang masing-masing merupakan pionir dalam seni bela diri campuran dan balap motor di Indonesia.

Pada tahun 2008 PT Visi Media Asia resmi mengambilalih PT Intermedia Capital yang kemudian di tahun sekanjutnya menjadi pemiliki 99% saham ANTV. ANTV menghadirkan berbagai konten mulai dari drama, komedi, animasi, dan program hiburan umum lainnya. Konten ANTV dirancang untuk menarik pemirsa wanita di seluruh spektrum kategori sosial ekonomi dan demografi usia, serta anak- anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya penayangan sinetron asia terutama india yang kemudian menjadi hit bagi kalangan perempuan, jam penayangan pun juga disesuaikan. Selain menikmati konten ANTV melalui siaran televisi, kini pemirsa dapat mengakses konten ANTV di portal digital ANTV serta di 9 channel YouTube milik ANTV. Sehingga konten ANTV kini dapat dinikmati melalui berbagai platform media kapanpun dan dimanapun.


APPS

Viva App : VIVAnews.com diintegrasikan kembali ke VIVA.co.id pada Juli 2020 karena pengembangan pembaca. Sehingga pembaca dapat menikmati berbagai berita di situs VIVA.co.id. Pembaca mengakses VIVA.co.id melalui viva app atau web browser, mobile web browser dan aplikasi di Google Play (Android) dan Apps Store (iOS). Selain menyediakan konten teks, foto, infografis, dan video kepada pembaca, VIVA.co.id juga menawarkan live streaming dari tvOne dan ANTV. Demikian pula layanan konten, khususnya video, dapat diakses melalui akun-akun di Dailymotion,Youtube, Facebook, Twitter, dan Instagram.

Ada banyak aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh pengembang agar bisa menghadirkan semuanya didalam genggaman tangan mereka. Salah satunya seperti Viva App ini, yang dibuat oleh pengembang PT Visi Media Asia. Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa Viva sendiri tergabung di dalam suatu grup yang sama, yaitu tvOne dan ANTV. Viva App terdapat di Google Play atau Play Store. Proses instalasi aplikasi Viva ini ternyata tidak sulit, proses nya begitu mudah dan cepat. Pengguna bisa mendapatkan kategori-kategori dengan tulisan yang lebih mudah untuk dilihat dan juga bisa masuk ke dalam aplikasi ini jika ingin mendapatkan notifikasi tentang pemberitahuan atas berita-berita yang mungkin telah difavoritkan atau terdapat berita terbaru. Selain berisi tentang berita-berita yang sesuai dengan nama kanalnya di dalam aplikasi, terdapat satu fitur yang cukup menarik di dalam Viva App ini. Yaitu terdapat beberapa tayangan yang tersedia disana, antara lain seperti Kabar Petang, Talkshow, Sport, Religi, Documentary, dan Kriminal.

TvOne Connect : tvOne adalah salah satu stasiun televisi yang sangat banyak diminati oleh masyarakat. tvOne juga memiliki portal berita online yang bernama tvonenews. Walaupun mayoritas acara yang ada di tvOne adalah acara politik, namun tvOne mampu merangkul para millenial untuk ikut bergabung menyaksikan dan memberikan aspirasi pada setiap acaranya. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari acara yang ada di tvOne, karena tidak semua stasiun TV mampu merangkul para millenial untuk ikut bergabung ketika membahas soal politik yang ada di Indonesia. Terlebih lagi saat ini banyak anak muda yang sudah sangat jarang menonton televisi. Adapun salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk tetap update dalam informasi berita yang ada disekitar kita, yaitu tvOne Connect. Aplikasi ini dapat digunakan kapanpun dan dimanapun karena dapat diakses melalui smartphone.

Pada aplikasi tvOne Connect, pembaca akan merasakan pengalaman membaca berita dengan gaya yang berbeda. Hal ini dikarenakan aplikasi tvOne Connect sudah didesign dengan sedemikian rupa dan menampilkan konsep modern agar kita lebih mudah untuk menikmati suguhan berita yang menarik. Tidak hanya itu, kita juga dapat melakukan interaksi dengan berbagai program yang biasanya tampil di acara tvOne, yaitu seperti berita olahraga, entertaiment hingga berita seputar Indonesia dan luar negeri. Jika dahulu kita sering melihat berita dalam bentuk koran atau kertas, sekarang kita bisa membaca berita secara digital.


Video On Demand

Video-on-demand (VOD) penonton dapat mengakses pilihan yang hampir tidak terbatas atau film pay-per-view atau konten lain yang dapat ditonton kapanpun mereka mau.VOD juga memungkinkan penonton untuk berhenti, memutar kembali, mempercepat, seakan-akan konten ditonton dalam video tape (Baran,2012:337) Video On Demand yang dikeluarkan oleh Viva adalah Zing.id dan Vlix.id. Zing.id yangmerupakan layanan yang didesain untuk akses melalui smartphone, tampilannya cenderung simple karena hanya berisi video cuplikan tayangan program yang ada di ANTV.

Sedangkan vlix.id merupakan layanan video on demand yang lebih lengkap dan memiliki tampilan menyerupai youtube. Melalui vlix.id, pengguna bisa menonton video yang sedang viral serta video yang paling banyak ditonton. Vlix.id juga memiliki beberapa segmen yang ditampilkan di bagian kiri, seperti berita terkini, informasi olahraga, entertainment, games, lifestyle, hingga travel. Layanan ini juga terintegrasi dengan video streaming acara televisi ANTV dan tvOne. Setiap pengguna bisa mengakses vlix.id secara gratis dan tidak perlu memiliki akun.


Off Air Activation

Secara garis besar ada dua cara mempromosikan program televisi yakni promo off air dan promo on air. Namun, saya akan lebih memfokuskan tentang promo off air. Promo off air adalah bentuk promosi suatu stasiun televisi yang dilakukan di luarstasiun televisi tersebut, melibatkan media-media komunikasi lainnya. Pada promo offair, medianya lebih mengarah kepada publikasi, advertising dan event. Platform media televisi FTA dan media digital VIVA juga dilengkapi kegiatan offline seperti acara Meet and Greet yang menghadirkan bintang-bintang program favorit ANTV telah memperkuat kehadiran VIVA di tengah masyarakat dan meningkatkan interaksi serta loyalitas dengan pemirsa.

Dengan mendapatkan sponsor on- air dan off-air yang fokus pada program kunci seperti prime time drama series, program-program in-house, baik dari sisi on- air maupun off-air. Meskipun pendapatan dari digital masih merupakan bagian yang sangat kecil dari bisnis VIVA, kemampuan VIVA untuk menjangkau para pengguna media digital sangat berharga dan nilainya akan meningkat seiring berjalannya waktu. Akhir kata, siaran televisi dan aktivitas digital yang dibarengi acara off-air akan memperkaya pengalaman pemirsa VIVA. Perpaduan seluruh platform ini telah efektif menempatkan VIVA sebagai salah satu dari tiga besar grup media di Indonesia, dengan jangkauan total kurang lebih 200 juta pemirsa di seluruh nusantara.


Online Site

1. Antvklik.com

Antv menghadirkan beragam konten yang mencakupi drama, komedi, animasi dan program hiburan lainnya. ANTV berupaya menghadirkan program yang tepat bagi segmen pemirsanya, selain melalui siaran televisi. Pemirsa kini dapat mengakses konten ANTV melalui portal digital ANTV maupun 9 channel di Youtube milik ANTV sendiri. Sehingga konten ANTV kini dapat dinikmati di berbagai platform media, kapan saja dan dimana saja. Salah satunya yaitu, Antvklik.com adalah portal berita hiburan yang isinya tidak saja menghibur tapi juga informatif, penting dan menarik.

2. Viva Network :

PT Viva Media Baru atau dikenal dengan nama VIVA Networks adalah lengan digital dari Visi Media Asia. VIVA Networks, yang diluncurkan pada tahun 2019 berfokus pada pengoperasian media digital dan teknologi informasi Internet di Indonesia.

Unit usaha yang termasuk :

 Viva co.id Diluncurkan pada tanggal 17 Desember 2008 di Ballroom XXI Djakarta Theater, Jakarta Pusat, portal ini sebelumnya bernama VIVAnews.com. peluncuran dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian pada tahun 2012 VIVAnews.com berubah nama menjadi VIVA.co.id. Perubahan domain dan nama tersebut bertujuan agar VIVA.co.id tak sekedar menjadi sebuah portal berita saja, namun juga portal yang menghadirkan konten berbasis user generate content (UGC) hiburan, lifestyle dan yang disukai perempuan serta market place. Ketika itu dihadirkan beberapa brand sekaligus yang masih berada dalam satu domain yakni VIVAnews, VIVAlife, VIVAbola, VIVAforum, VIVAlog dan VIVAsocio.

 Milzeru.com Millennial Zeru Disingkat Milzeru Merupakan Portal Informasi Berisi Artikel-Artikel, Video, Event, Kompetisi Untuk Para Generasi Millennial dan Gen Z.

 tvOnenews.com Awalnya tvOnenews.com merupakan portal berita terpercaya dan hadir di dunia digital pada 14 Februari 2008 dengan nama portal www.tvonenews.tv. Awal kehadiran www.tvonenews.tv untuk menyajikan kembali tayangan berita yang ada di tvOne. Mayoritas yang ada di www.tvonenews.tv adalah video cuplikan berita dengan tujuan untuk mempermudah pemirsa tvOne yang belum menonton program berita, talkshow, olah raga dan religi yang ditayangkan di tvOne. kini, menyajikan berbagai artikel berita secara cepat, akurat dan berimbang, selain tetap menyajikan potongan video-video pendek dan juga menu tayangan langsung atau live streaming tvOne.

 intipseleb.com Situs ini fokus menerbitkan berita-berita terbaru mengenai selebriti baik mancanegara (saat ini banyak fokus ke selebriti Korea Selatan) maupun artis nasional. Situs ini diluncurkan pada Mei 2019 dan merupakan bagian dari Viva Networks.

 Sahijab Situs ini mengulas tentang fesyen, gaya hidup, serta berita-berita menarik seputar dengan gaya hidup Islami terutama di Indonesia. Situs ini diluncurkan pada April 2020 dan merupakan bagian dari Viva Networks.

 jago dangdut Situs ini fokus menampilkan berita seputar musik Dangdut beserta berita terkini terkait dengan biduan, lirik lagu, maupun gosip terkini mengenai musik Indonesia ini. Situs ini diluncurkan pada Februari 2019 dan merupakan bagian dari Viva Networks.

 100 kpj.com Sebuah portal berita yang menyuguhkan berbagai informasi dunia otomotif khususnya roda dua di tanah air. Termasuk informasi soal tips, komunitas hingga dunia modifikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konvergensi Media Pada Kompas Gramedia

Banyaknya Sampah Plastik di TPA Cipayung Yang Dijual Sampai Keluar JABODETABEK

Konvergensi Media Pada Mahaka Media Group - Tugas Kelompok Cyber Journalism (R.01)